Selamat datang :)

ANDA MEMASUKI KAWASAN ORANG PINGGIRAN, YANG HANYA BISA MELIHAT, TANPA DIBERI KESEMPATAN UNTUK BERTINDAK.

Selasa, 11 Oktober 2011

Sebagai dasar negara :
Sedangkan jika kita lihat dari sudut pandang Pancasila sebagai suatu dasar negara, sudah tentu disini Pancasila memiliki peran sangat penting bagi kelangsungan negara Indonesia.
Coba kita amati, seberapapun indah atau bagusnya suatu bangunan yang berdiri, jika pondasinya buruk maka bangunan tersebut akan dengan mudah roboh.
Begitupun dengan suatu negara yang memiliki cita - cita sangat luhur dan akan menjadi sulit jika tidak adanya kerjasama dari seluruh bagian dari negara tersebut.
Jika dasar negara tersebut buruk atau tidak dapat bertahan secara permanen maka negara tersebutpun akan dengan mudahnya hancur, meski permasalahan itu tidak terlalu berat.
Karena itulah Pancasila yang menjadi dasar negara Indonesia dianggap sakti, sebab ideologi negara kita ini memiliki sifat yang terbuka yang memiliki nilai instrumental sebagai sarana mewujudkan nilai dasar yang dapat berubah sesuai dengan keadaan, agar selalu dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman pada masa sekarang dan yang akan datang tanpa pula melupakan nilai dasar yang tidak dapat berubah sebagai ciri khas dari bangsa Indonesia itu sendiri.
oleh ()jar) karna itulah dengan adanya atau dijadikannya Pancasila sebagai pandangan hidup dan dasar negara Indonesia yang sebagian kecil pemaparannya saya rangkum diatas. Maka kita harus melestarikan dan menjaga nilai - nilai yang terdapat dalam Pancasila demi kelangsungan dan perkembangan negara Indonesia dalam segala aspek yang ada. (aua...)

Upaya atau bentuk pelestarian terhadap Pancasila pun tertuang dalam undang - undang dan keputusan direktur jenderal pendidikan tinggi Departemen pendidikan dan kebudayaan pada saat itu, dan hingga sekarang sudah banyak mengalami penyempurnaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar