Selamat datang :)

ANDA MEMASUKI KAWASAN ORANG PINGGIRAN, YANG HANYA BISA MELIHAT, TANPA DIBERI KESEMPATAN UNTUK BERTINDAK.

Sabtu, 09 April 2011

PONSEL SUDAH ADA SEJAK 1973

(koran tempo : 06/04/11, B8)

Telepon seluler pertamakali di temukan pada tahun 1973, atau yang lebih tepatnya sudah 38 tahun yang lalu.
Orang yang pertama kali menggunakan telepon seluler ini adalah Martin Cooper, general manager Communications Systems Division Motorola. saat itu Martin sendiri berusia 44 tahun. ia pun menguji coba prototipe ponsel buatan motorola itu di jalan-jalan di kota new york,amerika serikat.
Tak ayang orang yang melihatnya pun terheran-heran. sebab, mungkin pada saat itu hanya awak kapal film seri Star Trek yang bisa berkomunikasi tanpa menggunakan kabel.
"Semua orang memperhatikan saya"Kata Cooper yang saat ini usianya sudah 82 tahun.
Telepon seluler perta itu tentu berbeda jauh dengan ponsel yang ada saat ini, saat itu beratnya saja mencapai 1,13 kilogram, tetapi saat ini berat ponsel hanya berkisar antara 106 gram saja.
Pada awal uji coba ponsel pertamanya, cooper menggunakan teleponnya untuk berkomunikasi dengan joel s.engel, kepala penelitian di perusahaan bell labs yang merupakan pesaing dari cooper.
sejak motorola meliris ponsel pertamanya, perkembangan industri ponselpun semakin berkembang dengan pesatnya. ukuran dan beratnya pun semakin kompak.
Motorola mulai memasarkan ponsel pertamanya pada 1983 dengan nama motorola Dynatac. beratnya 0,4 kilogram dan di jual dengan harga 3.500 us dollar. atau setara dengan rp. 35.000.000,- ( jika dengan kurs 10.000 / 1 dollar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar