Selamat datang :)

ANDA MEMASUKI KAWASAN ORANG PINGGIRAN, YANG HANYA BISA MELIHAT, TANPA DIBERI KESEMPATAN UNTUK BERTINDAK.

Minggu, 27 November 2011

AKTULISASI PANCASILA DALAM BIDANG SOSIAL BUDAYA

Sosial dan budaya adalah satu kesatuan hal yang sangat mudah berubah, yang disebabkan oleh adanya perkembangan zaman seperti, Globalisasi yang membuat dengan mudahnya budaya bangsa luar masuk ke negara kita, perubahan gaya hidup, berkembangnya perekonomian pada suatu megara, hingga masuknya kebiasaan-kebiasaan masyarakat negara lain kedalam negara kita, yang membuat hilangnya rasa bangga terhadap budaya yang terdapat pada negara indonesia.

Perubahan sosial budaya itu sendiri adalah sebuah gejala perubahan struktur sosial dan pola budaya dalam suatu masyarakat. perubahan sosial dan budaya ini merupakan gejala umum yang terjadi sepanjang masa dalam setiap masyarakat. Perubahan ini terjadi sesuai dengan hakikat dan sifat dasar manusia yang selalu ingin mengadakan perubahan. Menurut HIRSCHMAN mengatakan bahwa kebosanan manusia sebenarnya merupakan penyebab dari perubahan. (wikipedia bahasa lndonesia)

Oleh karenya aktualisasi pada bidang sosial budaya ini memiliki pengaruh yang akan jauh lebih besar dari pada bidang - bidang lain yang dikaji dalam makalah ini, karena aktualisasi pada bidang ini manfaatnya akan dengan langsung dirasakan oleh masyarakat indonesia, berbeda dengan bidang ekonomi, politik, dan hukum yang hanya dirasakan secara langsung oleh para petinggi kita yang bekerja atau mengabdi pada bidang - bidang tersebut dan masyarakat hanya mendapatkan manfaat secara tidak langsung. Singkat kata, dalam aktualisasi bidang ini semua masyarakat dapat menerapkannya, tapi tidak untuk tiga bidang lainnya.

Dengan keaneka ragaman suku dan budaya di Indonesia, kita selaku warganya harus dapat menciptakan dan mengamalkan pengaktualisasian Pancasila dan UUD 1945 pada bidang ini, karena akan memiliki pengaruh yang sangat besar dalam upaya mempersatukan bangsa Indonesia ini.
Oleh karenanya diperlukan juga pengendalian aktualisasi sosial dan budaya dengan tepat dan juga seimbang antara budaya yang satu dengan yang lainnya, yang terdapat diIndonesia.
walaupun harus secara seimbang, tentunya ada wilayah yang diprioritas dalam pengamalan aktualisasi pancasila dan UUD1945 ini, karena luasnya wilayah NKRI memaksa kita untuk memprioritaskan daerah - daerah yang masih minim tingkat pendidikannya, atau bisa dikatakan daerah tertinggal, agar terjadinya keseimbangan antara daerah yang satu dengan yang lain.
Berikut ini adalah beberapa contoh singkatnya:
1. Rutinitas Pemberian penyuluhan tentang pentingnya persatuan dan kesatuan dalam hidup bermasyarakat dan bernegara, hal seperti ini harus dilakukan diseluruh wilayah indonesia, namun sangat baik jika ditekankan pada wilayah Indonesia bagian timur khususnya beberapa wilayah yang ada di Irian jaya.
Karena pada wilayah tersebut masih sangat sering terlihat konflik antar suku yang disebabkan perbedaan kebudayaan dan juga pendapat di antara mereka. Bahkan belum lama ini konflik terjadi karena perbedaan calon pejabat daerah yang mereka dukung. Hal ini mencerminkan pula kurangnya kesadaran tentang hidup berdemokrasi.
2. Penekanan aktualisasi sosial budaya pada aspek agama, karena masih sangat hangat ditelinga kita tentang banyaknya kasus perselisihan yang diawali oleh perbedaan keyakinan umat beragama, seperti yang terjadi di ambon dan poso yang telah menelan banyak korban. Hal ini terjadi karena kurangnya rasa menghargai antara umat beragama dalam kehidupan sosial mereka.
Diharapkan dengan adanya aktualisasi.
3. Era globalisasi saat ini memaksa bangsa kita berbaur dengan bangsa lain diberbagai belahan dunia, yang tentunya kehidupan sosial dan juga budaya yang mereka anut sangat berbeda dengan budaya asli indonesia. Sebagai bangsa yang luhur tentunya kita harus dengan terbuka menerima kehadiran mereka sebagai upaya mempersatukan umat manusia diseluruh dunia. tetapi kita jangan sampai meninggalkan budaya yang sudah mendarah daging dalam tubuh kita dan menggantinya dengan budaya bangsa lain, dalam hal ini budaya yang paling banyak adalah budaya masyarakat barat yang suka/gemar menggunakan pakaian yang terbuka khususnya untuk kaum wanita, dan mungkin dapat juga disebut cara berpakaian mereka tidak sopan bagi masyarakat timur seperti bangsa indonesia. Ada baiknya budaya bangsa lain yang sekiranya dapat merusak atau bertentangan dengan budaya asli Indonesia kita tinggalkan saja, agar sosial budaya dinegara kita masih tetap terjaga dan sejalan dengan pancasila dan UUD 1945.

Oleh karenanya bangsa yang terlahir sebagai bangsa dengan beraneka suku, budaya dan agama ini harus selalu melakukan pengaktualisasian pengamalan Pancasila dan UUD 1945, agar menjadi bangsa yang bersatu, merapatkan barisan, dan menggenggam tangan saudara sebangsa dan setanah air, tanpa membeda - bedakan antara satu dengan yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar