Selamat datang :)

ANDA MEMASUKI KAWASAN ORANG PINGGIRAN, YANG HANYA BISA MELIHAT, TANPA DIBERI KESEMPATAN UNTUK BERTINDAK.

Selasa, 07 Juni 2011

TEORI X DAN TEORI Y McGREGOR,



Douglas McGregor mengemukakan, strategi kepimpinan efektif dengan menggunakan konsep manajemen partisipasi. konsep ini terkenal karena menggunakan asumsi-asumsi dasar manusia. Pemimpin yang menyukai teori x cenderung menyukai bergaya kepemimpinan otoriter. dan sebaliknya seorang pemimpin yang menyukai teori y lebih cendrung menyukai gaya kepimpinan demokratik. Berikut dalah contoh/penjelasan asumsi teori x dan y:
ASUMSI TEORI X :
1. Rata-rata kodrat manusia malas atau tidak menyukai pekerjaan dan akan menghindarinya bila mungkin.
2. Rata-rata kodrat manusia lebih menyukai diarahkan, menginginkan jaminan hidup di atas segalanya, ambisi relatif kecil, dan ingin menghindari tanggung jawab
3. Karakteristik manusia dalam menjalankan tugas untuk mencapai organisasi cenderung dipaksa, diawasi, diarahkan atau diancam dengan hukuman.
ASUMSI TEORI Y :
1. Rata-rata kodrat manusia dalam kondisi layak, belajar tidak hanya untuk menerima tapi mencari tanggung jawab.
2. Penghargaan yang berhubungan dengan prestasi merupakan tujuan.
3. Potensi intelektual manusia dalam kondisi kehidupan industri digunakan hanya sebagian.
. Penggunaan phisik dan mental merupakan kodrat manusia.
5. Pengarahan dalam usaha pencapaian tujuan organisasi tidak hanya dengan cara mengawasi dan mengancam dalam bentuk hukuman. Orang akan melakukan pengendalian diri dan pengarahan diri untuk mencapai tujuanya telah ditentukan.
6. Punya kapasitas untuk melakukan imajinasi, kecerdikan dan kreatifitas dalam penyelesaian masalah-masalah organisasi yang tersebar secara luas pada seluruh karyawan. SUMBER : Seri Diktat Kuliah, universitas gunadarma. (M. Abdul Mukhyi dan Imam Hadi Saputro).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar