Selamat datang :)

ANDA MEMASUKI KAWASAN ORANG PINGGIRAN, YANG HANYA BISA MELIHAT, TANPA DIBERI KESEMPATAN UNTUK BERTINDAK.

Selasa, 28 September 2010

kebudaya suku asmat papua

imdonesua adalah negara yang sangat kaya akan kebudayaan dan juga suku bangsa, salah satunya adalah suku asmat. suku asmat adalah salah satu suku bangsa yang ada di indonesia yang terletak di papua bagian barat, yang berawal dari satu kisah legenda seorang yang pandai dalam memehat dan juga mengukir yang kemudian menjadi memek moyang dari suku asmat, karna legenda tersebutlah suku asmat dikenel sebagai suku yang sangat pandai dalam  memehat dan mengukir seni suku asmat yang biasa di torehkan di atas batang kayu akan menghasilkan arti tersendiri bila di aplikasikan dengan materi tanah liat dalam bentuk seni yang berbeda pula. suku ini sangat mahir dalam hal membuat ukiran, perahu, gendang dan masih banyak lagi karya seni yang di miliki oleh suku asmat ini.
 berikut ini adalah beberapa hasil karya seni dari suku asmat;

patung suku asmat,

                                                                                                       
 
ghaniymojo.blog.uns.ac.id

perahu suku asmat,

rumah-amy.blogspot.com


gambar di atas adalah beberapa contoh keindahan seni budaya yang dimiliki oleh suku asmat, suku yang sampai sekarang masih nenjadi salah satu suku yg memiliki kebudayaan yang sangat karya akan krya seni yang mereka ciptakan.

   selain memiliki kebubayaan yang sangat kaya, suku ini juga memiliki kepercayaan bahwa arwah leluhur mereka masuh hidup di sekitar mereka.
mereka percaya bahwa arwah-arwah leluhur mereka sangat mempengaruhi kehidupan yang sedang mereka jalani, sehingga mereka memiliki kepercayaan bahwa jika ada malapetaka atau suatu bencana, itu di sebabkan oleh marahnya arwah para leluhur yang merasa tidak di hormati, dan untuk mengantisipasi hal itu suku asmat selalu nelakukan upacara-upacara penghormatan dan pemujaan arwah leluhur mereka, yang di sertai dengan pembuatan patung yang merupakan gambaran dari para leluhur mereka.

  rumah adat suku asmat adalah jeu, panjang rumah ini mencapai 25 meter, rumah ini sangat menarik dengan bentuk yang sangat panjang ini dapat menampung lebih dari 10 anggota keluarga, dan sanpai saat ini rumah tersebut masih bisa kita jum pai jika kita datang ke asmat pedalaman.

  
   jika di bandingkan dengan suku lainya yang ada di papua, suku asmat ini merupakan salah satu suku yang memiliki kebudayaan yang sangat tinggi.
mereka membangun kebudayaan melalui seni dan adat istiadat , dan selalu nenjaga persaudaraan diantara mereka. dengan demikuan mereka bisa selalu tetep menjalankan apa yang lelah di earuskan oleh para leluhur mereka, dan selalu untuk menghargai alam adalah salah satu yang harus kita contoh dari suku asmat ini, karena saat ini sudah sangat banyak manusia yang tidak peduli dengan alam yang telah banyak memberikan manfaat kepada mereka.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar